Skip to main content

ROOM (2015) REVIEW : Wide Perspective In A Small Room


Siapa yang bisa menggambarkan secara detil dan mendeskripsikan dunia mereka? Tak ada yang bisa. Setiap manusia pun hanya terbatas pada sebuah regional tertentu untuk dapat mewakili deskripsi tentang dunia mereka. Itu pun mereka harus melakukan sebuah pemahaman tentang bagaimana dunia mereka terbentuk lewat proses kesepakatan bersama. Hal itu dilakukan agar setiap individu dapat memiliki perspektif yang sama mengenai dunia di wilayah yang mereka huni.
 
Lantas, bagaimana jika dunia yang kalian tahu bukan hanya terbatas oleh wilayah tetapi juga dibatasi oleh dinding dua sisi yang dingin? Konstruksi pemikiran akan dunia akan jauh lebih sempit lagi. Itu lah yang mendasari sebuah cerita fiksi karya Emma Donoghue di dalam sebuah bukunya, Room. Perspektif lain yang digunakan untuk memahami dunia ini menjadi sebuah cerita menarik yang mengundang Lenny Abrahamson untuk mengadaptasinya menjadi gambar bergerak berdurasi 120 menit.

Room memiliki sebuah premis cerita menarik dengan presentasi kuat yang akan mengiris penontonnya di setiap menit. Film arahan Lenny Abrahamson ini menjadi salah satu nominator di kategori Best Picture pada Academy Awards tahun ini. Performa yang tak diragukan lagi dari Brie Larson sebagai pemeran utama di dalam film ini patut diganjar Aktris Terbaik di banyak ajang film bergengsi tahun ini. Jelas, Room bukan sebuah film dengan perspektif baru yang sembarangan. Film ini menyimpan banyak sekali momen luar biasa yang tak pernah dirasakan sebelumnya. 


Keterbatasan melihat dunia yang lebih luas jelas akan menyakitkan banyak orang, apalagi hanya berada di dalam sebuah ruangan sempit dengan fasilitas seadanya. Itulah yang dialami oleh Joy Newsome (Brie Larson) di 5 tahun terakhirnya. Dia harus hidup dengan ruang yang sangat terbatas bersama dengan anaknya bernama Jack (Jacob Tremblay). Joy berusaha mati-matian untuk membangun realita yang nyata tentang dunia yang hanya terbatas di ruangan yang dia tempati.

Dan pada akhirnya, Jack hanya mengetahui bahwa dunia yang dia huni memang hanya terbatas oleh ruangan yang mereka tempati. Di luar itu, Jack sudah menganggapnya sebagai luar angkasa yang luas dengan sistem orbit yang berbeda. Berusaha ingin membuat Jack memiliki kehidupan yang lebih layak, Joy berusaha untuk mengeluarkan Jack dari tempat tersebut. Tetapi, usahanya akan sangat mengalami kesusahan karena mereka adalah korban penyekapan yang dilakukan oleh Nick (Sean Bridgers). 


Apa yang dilihat oleh Jack sebagai ‘dunia’ miliknya adalah hasil dari suatu pemahaman yang telah dia sepakati bersama dengan Joy sebagai ibunya. Sehingga, Jack muncul sebuah perspektif yang lain tentang dunia yang ada. Pun begitu pula dengan semua orang yang berusaha memberikan simbol-simbol tentang dunia mereka masing-masing di wilayah mereka. Dengan sistem tanda dan lambang tersebut, mereka dapat mengklasifikasi dunia menurut pandangan mereka masing-masing.

Meskipun berbeda, akan ditemukan sebuah benang merah tentang dunia yang mereka huni. Tetapi, akan diperlukan adaptasi tentang sistem tanda dan lambang tersebut jika seseorang dari wilayah lain untuk dapat memahami dunia yang dari perspektif baru. Film ini berusaha untuk memberikan sebuah gambaran tentang bagaimana setiap karakternya mengkonversi apa yang dilihat ke dalam sebuah simbol yang akan mereka pahami untuk membentuk proses komunikasi. Seperti yang dilakukan oleh Joy dan Jack agar mereka berdua dapat berinteraksi satu sama lain.

Bagusnya, Lenny Abrahamson mengadaptasi buku milik Emma Donoghue menjadi sajian getir yang sangat kuat. Lenny membangun sebuah ikatan emosi yang sangat nyata yang ditransfer kepada Brie Larson dan Jacob Tremblay sebagai aktor-aktris utama penggerak cerita sederhana di dalam filmnya. Alhasil, imbas yang dirasakan oleh penontonnya akan sangat besar dan penonton akan dengan mudah merasa simpati dengan karakter-karakternya. Dan hal itulah yang digunakan sebagai kekuatan utama di dalam film Room ini. 


Dengan keterbatasan tempat untuk mengembangkan ceritanya, bukan berarti film ini pun akan terbatas dalam presentasinya. Kesempitan ruangan yang dihuni oleh Joy dan Jack ini akan menghantui penontonnya hingga ke akhir film. Meskipun Room terkesan memiliki dua babak di dalam filmnya, tetapi Room memiliki keindahan di setiap babaknya. Di babak 60 menit pertama Lenny berusaha memberikan tensi ketegangan luar biasa dengan klimaks yang memuncak.  

Hanya saja, akan terasa lebih menggetarkan di 60 menit terakhir milik Room, babak kedua di dalam film ini jauh terasa lebih kuat. Akan dijelaskan di 60 menit terakhir bagaimana karakter Jack dan Joy terlihat semakin berkembang meski dengan pace cerita yang jauh lebih tenang. Bagaimana Jack dan Joy berusaha memahami lagi dunia yang selama ini dia buat dengan sebuah perspektif baru. Kesan karakter satu dimensi yang ada di 60 menit pertama semakin lama berubah menjadi sebuah karaktr yang multidimensional.

Alasan-alasan yang kuat dengan problematika yang jauh lebih rumit berusaha dijelaskan oleh Lenny Abrahamson secara perlahan di dalam film Room. Itu dilakukan agar Room memiliki karakter yang tak terkesan seperti ruangan yang dihuni Jack dan Joy yang hanya dapat melihat dinding dari satu sisi. Dan di situlah kekuatan film Room yang tak perlu muluk-muluk di setiap aspek pembuatan filmnya. Hanya perlu sokongan arahan yang kuat dan performa luar biasa aktor-aktris utama sehingga cerita di dalam film Room dapat disampaikan kepada penontonnya. 


Maka, Room adalah sebuah studi karakter menarik dengan fenomena sosial tentang bagaimana seseorang berusaha memaknai dan memahami apa yang mereka anggap sebagai ‘dunia’ menurut mereka. Lenny Abrahamson berhasil memberikan sebuah arahan yang kuat sehingga film ini memiliki sebuah kekuatan yang dapat mengiris hati penontonnya. Pun, lewat performa luar biasa yang dilakukan oleh Brie Larson dan juga Jacob Tremblay yang semakin bertambahnya menit dapat mengembangkan karakternya agar tak terkesan satu dimensi. Tak salah jika Roomdiganjar banyak sekali nominasi di banyak ajang film bergengsi. Menyentuh dan menggetarkan!

Comments

Popular posts from this blog

Ranking the 20 Oscar-Nominated Acting Performances

Four weeks from today the Academy Awards will be honoring this year's most prolific performances. And while I've openly stated my personal opinion that 2016's cinematic year left me feeling rather underwhelmed, it's still impossible to ignore the quality performances that were given by a talented crop of actors and actresses. The Oscars aren't perfect, but in an opinion-based system in which operates, who really is? Yet, it's impossible to refute that Hollywood's biggest awards ceremony does a very admirable job of highlighting top-flight talent in all regards. So here are my individual rankings for the 20 Oscar-Nominated performances ( December's list ): *** Note : It's VERY rare that I miss a nominated performance, however I haven't been able to catch the foreign film Elle this year (I will update this list as soon as I do).\ Unranked: Isabelle Huppert ( Elle ) *** #19. Meryl Streep ( Florence Foster Jenkins) I mean, honestly, the Academy pass...

2017 SXSW Film Festival Preview

I'm thrilled to announced that I'll be attending the 2017 SXSW Film Festival (courtesy of Geekscape ) beginning in Austin, Texas this Friday. The festival offers an eclectic selection of world premieres and upcoming releases featuring some of Hollywood's most prominent acting talent and unique visionaries. I can't wait to enjoy 5 days of binge movie-watching! But before I head to the wonderful city of Austin, here's a quick look at some festival titles that I'm looking forward to seeing: Documentaries Kim Dotcom: Caught in the Web - directed by Annie Goldson Debuting at the festival is a doc surrounding the internet's Most Wanted man, Kim Dotcom. As one of the largest copyright infringement sources online, Kim Dotcom was taken in by New Zealand authorities in 2012 and awaiting serious penalties for his described theft of intellectual property. Stranger Fruit - directed by Jason Pollock The ongoing debate surrounding police discrimination against members of ...

Oscar Talk - 11/22/2016

With Golden Globe nominations less than 3 weeks out, the Awards season is just starting to heat up. Both Ben Affleck's Live by Night  and Denzel Washington's Fences  have recently screened for the first time while Martin Scorsese's Silence will premiere later this month, leaving the Oscar picture a bit cloudy at the moment. However, there's still enough buzz floating around to mold together an idea of how the major races appear to be shaping up. Let's take a look. Best Supporting Actress Likely Nominees:  Hindsight is 20/20 and, although I even felt it at the time, it's impossible not to look back and acknowledge that Viola Davis should have won the Best Actress Oscar for her work in 2011's The Help (Meryl Streep won for Iron Lady ). Yet, history has a funny way of correcting itself as Davis could be in line for some Oscar glory for her work in Fences . Other safer bets to land in the final five include Michelle Williams (Manchester by the Sea) and Naomi...